Delapan Cara Mengobati Hipertensi Secara Alami Yang Aman Bagi Kesehatan

Apakah Hipertensi Bisa Disembuhkan?

sumber gambar: hellosehat.com

Seperti yang kita tahu bahwa hipertensi menjadi momok besar masyarakat saat ini. Hal ini karena sesuai dengan informasi pada laman kemkes.com yang menyatakan bahwa penyebab kematian nomor 1 di dunia pada setiap tahunnya adalah hipertensi. Bahkan data dari WHO juga menyebutkan bahwa pada tahun 2015 sebanyak 1,13 miliar orang sebagai pasien hipertensi. Cukup seram bukan? Jadi apa yang harus dilakukan oleh pasien? Tak dapat dipungkiri bahwa cara paling tepat pasien untuk obati hipertensi ialah membiasakan pola hidup sehat. Akan tetapi tidak ada salahnya bagi anda untuk mencoba obat alami berikut ini agar lebih cepat sembuh. Terutama bagi anda pecinta obat-obatan herbal. Karena tidak semua penyakit hanya bisa disembuhkan oleh obat dokter. Di bawah ini akan diuraikan cara mengobati hipertensi secara alami. Anda tidak perlu khawatir karena pengobatan ini aman bagi kesehatan.

  1. Asam Lemak Omega-3

Anda dapat menemukan kandungan zat ini di dalam ikan berlemak. Misalnya herring, salmon tuna, dan kawan-kawan.

  1. Asam Folat

Asam folat merupakan zat yang multifunngsi. Banyak sekali manfaat yang dapat anda terima jika mengonsumsi kandungan zat ini, terutama untuk menyembuhkan darah rendah. Maka dari itu sebaiknya anda mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat tinggi.

  1. Delima

Salah satu cara mengobati hipertensi secara alami adalah memanfaatkan buah delima. Mengonsumsi delima yang paling nikmat ialah dengan meminumnya dalam bentuk jus. Tapi anda juga bisa mengonsumsinya dengan memakan buahnya secara langsung. Sebuah studi menyatakan bahwa jika anda minum secangkir jus delima sekali dalam sehari dan ini berlangsung selama 1 bulan akan membantu anda untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Namun anda tidak disarankan untuk mengonsumsi delima yang sudah dalam bentuk kemasan. Sebab jika sudah dalam kemasan maka berpeluang besar untuk ditambahkan gula. Jika itu terjadi maka manfaat delima akan hilang.

  1. Serat

Menurut kutipan honestdocs.id, anda dapat memakan makanan yang berserat tinggi agar pasien darah tinggi dapat teratasi. Makanan yang mengandung serat contohnya biji gandum dan psyllium.

  1. Pistachio

Bagi anda yang masih asing dengan istilah ini, mari kita bahas. Pistachio merupakan jenis kacang sehat yang berperan dalam penurunan tekanan darah tinggi. Hal ini sesuai dengan studi yang menyebutkan bahwa mengonsumsi jenis kacang ini setiap hari akan menurunkan hipertensi. Alasannya ialah dengan adanya kandungan senyawa kacang yang dapat memperkecil kemungkinan pembuluh darah menjadi sempit. Studi lain juga dilakukan bahwa jenis kacang-kacangan lainnya punya peran seperti pistachio.

  1. Suplemen Nitrat Oksida

Suplemen ini anda dapat temukan pada bawang putih, kakao, dan koenzim Q10. Adanya suplemen nitrat oksida dapat membantu pembuluh darah menjadi lebar (vasodilator) akibat oksida nitrat meningkat. 

  1. Semangka

Citrulline merupakan zat asam amino yang terkandung dalam semangka. Fungsi citrulline akan membantu tekanan darah tinggi terkontrol. Sebab adanya citrulline membantu tubuh menghasilkan gas nitric oxide yang mendorong fleksibilitas dalam arteri dan pembuluh darah menjadi lancar. Alhasil hipertensi akan menurun.

  1. Mineral

Mineral terkandung pada kalsium, pottasium, dan magnesium. Mineral akan berperan besar dalam mengontrol tekanan darah agar tetap dalam keadaan normal.

Delapan obat di atas merupakan beberapa cara mengobati hipertensi secara alami yang dapat anda coba. Sebenarnya ada beberapa cara selain yang dijelaskan di atas, yaitu dengan mengonsumsi buah kiwi, mengandung protein dan magnesium, kayu manis, oatmeal, minyak zaitun, buah beri, cokelat, buah bit, buah pisang, yogurt, selederi, dan bawang putih. Meskipun sudah diyakini akan mampu menyembuhkan hipertensi, obat alami ini tetap perlu diteliti lagi untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat. Ini bukan berarti dilarang untuk dikonsumsi. Tentu boleh, namun untuk jaminan keamanan tetap konsultasikan ke dokter ahli. Jika dokter mengizinkan, maka konsumsilah obat dengan benar dan sesuai petunjuk dokter. Apabila merasakan efek samping atau kesehatan memburuk maka jangan sungkan untuk bicarakan dengan dokter. Hal ini karena suatu penyakit akan sembuh jika ada koordinasi yang baik antara pasien dan dokter. Hindari stres dan tetap menerapkan gaya hidup sehat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*