Laptop yang dapat diupgrade di masa depan?

TeknologiTerbaru : Dalam perdebatan lama antara laptop vs desktop, mereka yang lebih memilih workstation permanen sering kali menyoroti salah satu keunggulan utamanya: kemampuan untuk diupgrade. Sebagian besar PC desktop memungkinkan Anda menukar prosesor, RAM, dan hard drive saat dan saat perlu diganti, memungkinkan Anda untuk menyempurnakan pengaturan Anda.

Anda tidak mendapatkan fungsionalitas semacam itu di sebagian besar laptop, di mana bagian-bagian komponen sering terkunci dan tidak dapat diakses oleh sebagian besar konsumen. Ketika kinerja laptop melambat secara signifikan atau Anda kehabisan ruang penyimpanan, itu adalah praktik umum untuk meningkatkan ke perangkat yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak harus berkompromi pada portabilitas untuk mendapatkan manfaat dari upgradeability? Itu adalah sesuatu yang sedang dieksplorasi oleh Framework startup yang berbasis di San Francisco, mengklaim bahwa laptop pertamanya dapat dengan mudah disesuaikan, ditingkatkan, dan diperbaiki.

Kata kuncinya adalah ‘mudah’, menunjukkan bahwa Kerangka Laptop tidak memerlukan pengetahuan teknis yang luas untuk menukar bagian internal. Ini bukan laptop pertama yang dapat diupgrade – banyak perangkat game telah bereksperimen dengan ide tersebut – tetapi belum pernah kami melihat perusahaan yang hanya berfokus pada perangkat keras seperti ini.

Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang limbah elektronik dan keberlanjutan teknologi, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk memperpanjang masa pakai perangkat. Tetapi setelah beberapa awal yang salah, apakah ide itu akan lepas landas kali ini? Berikut adalah beberapa pro dan kontra utama untuk dipertimbangkan.

Untuk: Ini akan memperpanjang umur perangkat

Framework Laptop telah dirancang dengan mempertimbangkan keberlanjutan, dengan kemampuan untuk mengganti bagian internal yang jelas memperpanjang umur perangkat. Banyak orang dapat pergi satu dekade atau lebih sebelum mengganti PC desktop mereka, cukup memperbarui komponen sesuai kebutuhan. Sebagai perbandingan, banyak orang merekomendasikan untuk memutakhirkan laptop Anda setiap lima tahun atau lebih. Bahkan jika Anda dapat menggunakannya lebih lama, kemungkinan beberapa perangkat lunak yang Anda gunakan tidak lagi didukung. Kemampuan untuk memperbarui komponen ini berarti Anda tidak perlu ketinggalan zaman.

Melawan: Suku cadang baru mungkin mahal untuk sumbernya

Anda mungkin tidak perlu membeli perangkat yang sama sekali baru, tetapi komponen individual tidak selalu murah. CPU seperti seri AMD Ryzen 5000 dapat berharga lebih dari £700 saja, sementara menambahkan RAM SSD dan baterai baru dapat dengan mudah berarti total biaya peningkatan mencapai empat angka. Ini mungkin akan lebih mahal di laptop, tetapi kekuatan pasar laptop anggaran akan membuat ini sulit dijual – mungkin disediakan untuk para penggemar, seperti yang terjadi saat ini dengan PC desktop.

Untuk: Ini akan memungkinkan orang membuat laptop ‘frankenstein’

Namun, untuk penggemar yang disebutkan di atas, laptop modular akan memberikan kesempatan sempurna untuk secara khusus menyesuaikan laptop dengan kebutuhan mereka. Ingin prosesor Intel Core i9 terbaik dan SSD 2TB? Kamu bisa melakukannya. Butuh lebih banyak RAM dan GPU Nvidia kelas atas untuk bermain game? Itu mungkin juga. Perangkat seperti Laptop Framework mungkin tidak cocok untuk hal semacam ini, tetapi sangat mungkin jika perusahaan lain membuat komitmen serupa untuk kemampuan upgrade.

Melawan: Beberapa pengetahuan teknis masih diperlukan

Meskipun Framework telah mengiklankan laptopnya sebagai laptop yang mudah untuk ditingkatkan, diperbaiki, dan disesuaikan, bukan berarti orang dapat mulai menukar CPU dan SSD tanpa keahlian apa pun. Beberapa pengetahuan sebelumnya penting, bahkan jika ini dapat diperoleh dengan relatif cepat.

Bandingkan ini dengan laptop tradisional, yang hampir tidak memerlukan pengetahuan perangkat keras untuk mulai menggunakannya. Dengan pemikiran ini, sepertinya Anda tidak akan membuat orang yang tidak tertarik dengan perangkat keras PC sering memutakhirkan laptop mereka.

Kesimpulannya

Bagi kebanyakan orang, laptop yang dapat diupgrade tidak masuk akal. Apalagi di masa pandemi, gagasan memiliki perangkat yang hanya berfungsi telah ditekankan. Laptop dapat menimbulkan masalah limbah elektronik, tetapi berpegangan pada perangkat yang sama selama beberapa tahun membuatnya jauh lebih baik bagi lingkungan daripada peningkatan ponsel cerdas tahunan, misalnya.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak manfaat dari PC desktop di dalam perangkat portabel, laptop yang dapat diupgrade bisa jadi cocok untuk Anda. Anda mungkin dapat memegang satu perangkat selama bertahun-tahun, dengan tampilan mungkin menjadi faktor pembatas utama. Ini juga dapat membantu meningkatkan keberlanjutan perangkat, meskipun ada baiknya menunjukkan sumber daya yang digunakan untuk membuat masing-masing komponen baru.

Framework Laptop sendiri merupakan langkah awal yang menggembirakan ke dunia PC portabel yang dapat diupgrade. Kedengarannya sangat mengesankan di atas kertas, dengan layar 13,5 inci 2256×1504, webcam 1080p 60fps, dan keyboard dengan travel 1,5mm. Perangkat ini dilengkapi dengan prosesor Intel 11th-gen di luar kotak, bersama baterai 55Wh dan Wi-Fi 6. RAM DDR4 dapat dikonfigurasi hingga 64GB, sementara penyimpanan NVMe 4TB raksasa tersedia.

Suku cadang pengganti siap tersedia di situs web Framework, sementara perusahaan juga akan mengizinkan ‘komunitas mitra’ untuk menjual barang mereka melalui pasarnya.

Kerangka Laptop diharapkan akan tersedia mulai Musim Panas 2021, tetapi mudah-mudahan lebih banyak perusahaan akan merilis laptop modular dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*